Tips Menjawab Soal Toefl Listening Part A | Belajar Toefl Lengkap


Tips Soal Menjawab Toefl Listening - Karena materi untuk tips menjawab soal Toefl listening ini panjang, saya membaginya dalam beberapa part. Mungkin teman-teman juga akan merasa fresh untuk memahami tips ini sedikit demi sedikit.

Dalam postingan ini kita akan belajar bagaimana sih tips menjawab soal toefl listening dengan mudah meski kita tidak tahu bahasa Inggris sekaliber native speaker. Nah berikut ini tips menjawab soalnya.

Kunci Toefl Listening Part A 

* Pahamilah bentuk-bentuk perintah ( Direction) pada masing-masing bagian. Sebelum kita benar-benar mengambil test toefl besoknya. Dengan memahami bentuk perintah dalam bahasa Inggris, kita akan membantu penghematan waktu ujian, artinya langsung focus pada inti soal yang ditanyakan. Karena sudah tahu bentuk soal bahasa Inggrisnya.

Dengan memahami bentuk soal listening terlebih dahulu, kita telah melakukan penghematan waktu. Bayangkan, 35 menit dengan jumlah soal 50 butir, dan sudah termasuk intruksi soal setiap part. Tentu kita akan stress mikir kan. Nah, tips pertama pahami bentuk direction dalam soal Listening.

Contoh direction Part A

Direction : In this part you will hear a short conversation between two people. After each conversation, you will hear a question about the conversation. The question will not be repeated.Then, on your answer sheet, you will find the number of question and fill in space that corresponds to the letters of the answer you have chosen.


Setelah membacakan direction, nanti naratornya akan memberikan contoh. Nah, saat itu sahabat sekalian tidak perlu mendengar contohnya. Langsung fokus pada jawaban dan dengarkan dengan baik soalnya.

Yang harus dilakukan adalah pembicara kedua dalam percakapan yang didengarkan. Kunci jawaban terletak pada pembiacara kedua. Karena pertanyaan biasanya akan merujuk pada subject orang kedua.

Untuk Direction dalam soal toefl listening tidak tidak jauh berbeda part A, B, dan C. Silahkan baca postingan ( 3 Macam Toefl Listening Bahasa Inggris). Dalam postingan itu saya sudah jelaskan bagaimana bentuknya.

*  Bacalah kunci jawaban sebanyak mungkin saat Naratornya masih membacakan direction. Dengan demikian, kita sudah mengambil start memahmi soalnya. Sehingga, teman-teman bisa menghemat waktu sebisa mungkin dan punya kesempatan menentukan pilihan yang menurut kita benar.

Dengan membaca kunci jawaban, setidaknya kita sudah bisa menentukan dan menebak, tema atau topik soal ini tentang apa. Jadi, topik kita langsung kerucutkan. Dengan begitu, kita akan mudah menebak jawabannya.


Contoh :
Dalam lembar jawaban sahabat sekalian akan menemukan seperti ini ;

A. Winter
B. Spring
C. Summer
D. Fall

Dengan membaca jawaban di atas, maka kita sudah bisa menarik kesimpulan, pertanyaan pasti mengenai musim. Jadi tugas kita, fokus pada pertanyaan perihal musim.

* Memaksimalkan kemampuan listening kita pada pada soal-soal pertama dari masing-masing part. Karena kita harus tahu, tingkat kesulitan soal di masing-masing part semakin ke bawah semakin sulit. Sehingga, pertanyaan pertama di setiap part, pastikan kita bisa mendapatkan jawaban yang benar. Jadi, kita tinggal memperbanyak point pada soal berikutnya.

Seandainya kita tidak sempat menjawab soal salah satu diantaranya, jangan bersedih terlalu lama di situ. Segera lewati, karena kita masih banyak pertanyaan yang harus dituntaskan di soal berikutnya. Dan, perlu dicatat dengan baik, sekalipun kita tidak menjawab soal tadi, usahakan jangan biarkan jawaban kosong. Jawablah meski kita sendiri tidak tahu jawaban yang tepat itu yang mana. Karena meskipun jawaban kita salah, setidaknya nilai kita tidak dikurangi.

* Fokus pendengaran kita pada pembaca yang kedua.Kebanyakan dari soal Part A merupakan pertanyaan klarifikasi tentang apa yang dicuapkan atau dimaksud oleh pembicara kedua.  ( Baca : Contoh Soal Jawab Toefl Listening )

* Jangan panik jika kita memang tidak mengerti apa yang dibicakan secara keseluruhan. Kita juga tidak mesti menghapafal segala apa yang dicuapkan. Yang perlu kita pahami ada ide atau gagasan apa yang sedang dibicarakan. Setidaknya kita dapat gambaran, oh topik pembicaraan yang ini..ini...ini... Jadi kita sudah masuk pada tahab menerka-nerka jawaban mana yang tepat.

* Jika seandainya kita memang tidak memahami sama sekali apa yang sedang dibicarakan, maka pilihlah jawaban yang kira-kira berbeda dari jawaban yang ada. Ingat jawaban yang paling berbeda.

* Pahamilah bentuk-bentuk functional Expression seperti Agreement, Uncertaninty, suggestion, surprise dan idomatic expression serta situasi percapakan yang sedang berlangsung.

Sahabat sekalin, untuk tips Listening Part B, kami akan posting di laman berikutnya. Hari ini kita hanya belajar ini dulu.

Mudah-mudahan bermanfaat ya. Pada postingan selanjutnya nih kita akan bicarakan soal contoh dan penerapan tips menjawab soal Toefl Listening yang sudah saya berikan. Jadi, langsung praktek ya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjawab Soal Toefl Listening Part A | Belajar Toefl Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel