Cegah Corona, Pelajar Jepang Ikuti Wisuda Pakai Robot Kontrol Jarak Jauh

Saat ini, seluruh dunia tidak hanya berjuang  melawan virus corona baru, tetapi juga terus berusaha mencari cara demi melanjutkan aktivitas kehidupan sehari-hari mereka. Bahkan ada beberapa negara yang sepertinya  sudah membuat lompatan kemajuan untuk mengahadapi segala keterbatasan.

Kalau melihat kasus Corona Virus di berbagai negara tentu ada yang berbeda. Seperti di Korea Selatan, Negaranya menyediakan paket bahan makanan lengkap dan dikirim ke rumah wargana untuk menjamin kelangsungan hidup.

Nah, di negara Jepang ada yang menarik. Demi cegah penyebaran Vorus Corona, Jepang melakukan wisuda dengan memanfaatkan teknologi berupa robot kontrol jarak jauh. Siswa mengikuti porsesi Wisudanya dengan mengendalikan Robotnya dan Siswa dapat melihat langsung semua aktivitas yang ada dalam proses Wisuda.


Business Breakthrough University (BBT) adalah salah satu Universitas di Jepang yang menemukan cara jenius untuk melakukan upacara kelulusan tanpa meminta siswa untuk hadir secara fisik

Sepertinya Jepang memang akan menjadi salah satu negara terkemuka dalam memerangi virus corona baru atau setidaknya negara ini tampaknya mengelola krisisnya dengan baik. Negara ini mengupayakan kemampuan manusia dan memungkinkan orang untuk menjalani kehidupan mereka secara normal dengan memanfaatkan teknologi.



Upacara wisuda diadakan pada 28 Maret di Hotel Grand Palace di Chiyoda, Tokyo


Sebagai negara yang telah banyak mengalami kerusakan oleh banyak bencana alam dari berbagai jenis, Jepang telah beradaptasi dengan cepat. Mereka belajar dari setiap krisis dan selalu siap, bertindak cepat, mengikuti instruksi pemerintah dan menyesuaikan gaya hidup mereka jika diperlukan.

Kini, di tengah kasus penyebaran coronavirus, mereka kembali membuktikan kualitas mereka di tingkat dunia.


Para lulusan tidak dapat menghadiri upacara secara langsung karena pandemi coronavirus, mereka pun beralih memanfaatkan teknologi untuk membantu menyelesaikan masalah

Kampus Business Breakthrough University (BBT) menemukan ide cerdas untuk kurikulum pendidikannya, mereka juga memindahkan sebagian besar kelas kuliah ke platform online.

Selain itu, upaya yang paling serius adalah usaha mereka melakukan upacara kelulusan pada 28 Maret di Hotel Grand Palace di Tokyo dengan cara ypemanfatan robot untuk berpartisipasi pada acara wisuda tanpa risiko terkena virus corona.




Lulusan yang dioperasikan robot jarak jauh untuk menerima sertifikat mereka, diwakili oleh robot.dan wajah mereka tampak berhadapan langsung dengan panitia wisuda. Sereka seolah berhadapan langsung dan bisa berkomunikasi.

Mereka memiliki empat lulusan terbaik  dari dua jurusan yang mengoperasikan robot “newme” dari jarak jauh untuk menerima sertifikat mereka. Robot yang dikembangkan oleh ANA Holdings ini masing-masing memiliki layar tampilan yang menunjukkan wajah siswa yang mengoperasikannya dan lengan yang memungkinkan mereka untuk menerima sertifikat atas nama lulusan. Mereka juga mengenakan gaun kelulusan untuk mengimbangi semangat acara.

Robot “newme” yang digunakan dalam upacara tersebut memiliki tampilan yang unik. Robot itu  menunjukkan wajah para lulusan yang mengendalikan robotnya dan ada lengan mekanik yang memungkinkan mereka untuk menerima sertifikat saat prosesi kelulusan.
Sementara lulusan lainnya berpartisipasi dalam upacara wisuda melalui online melalui aplikasi Zoom, di mana mereka dapat mengirim komentar dan juga ikut berpartisipasi dalam upacara secara langsung.

Universitas telah bekerja keras, bahkan rela mendandani robot itu dalam gaun kelulusan demi menjaga semangat acara yang berlangsung.

* Sumber foto : Business Breakthrough University (BBT)

Belum ada Komentar untuk "Cegah Corona, Pelajar Jepang Ikuti Wisuda Pakai Robot Kontrol Jarak Jauh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel